Ketika Es Teler Sudah Tidak Butuh Sendok Lagi...

Senin, 19 Desember 2011

Tips Membuat Pelanggan Datang Lebih Sering

Pelanggan, yang sejatinya adalah Salah satu dari aset yang paling utama yang dimiliki oleh sebuah bisnis, sering dianggap remeh oleh pebisnis baik pebisnis besar apalagi yang masih kecil. Padahal, tanpa adanya pelanggan, bisnis/usaha apapun tidak akan berarti apa-apa. Lebih anehnya lagi, meskipun para pelaku usaha mengetahui kesalahan ini, mereka masih enggan untuk memperbaikinya. Dan mereka yang merawat pelanggannya dengan baik, merekalah yang akan bertahan lama bahkan bertambah besar.

Pekerjaan lanjutan setelah mendatangkan pelanggan adalah membuat pelanggan datang lebih sering. Berikut ada beberapa tips untuk membuat pelanggan datang lebih sering.
  • Produk yang terbaik. Yang terbaik pasti akan dicari orang, dibicarakan orang, bahkan akan dipromosikan orang lain tanpa kita minta. Produk terbaik bisa berarti paling unggul dijenisnya, atau hanya satu-satunya karena tidak ada yang lain. Bagaimana cara menjadikan produk kita adalah produk yang terbaik, silakan simak disini.
  • Pelayanan Memuaskan. Sebaik apapun produk yang kita miliki, jika pelayanan kurang memuaskan dan kurang berkesan, pelanggan juga pasti akan lari.
  • Promosi Beruntun. Buat apa produk dan pelayanan terbaik jika tidak mempunyai pelanggan, tidak banyak yang mengetahui. Maka dari itu, disinilah peran penting dari adanya promosi. Promosi yang terbaik tentunya adalah yang besar dan sering, namun kecil namun sering menjadi jauh lebih mengena dari pada besar namun hanya sekali.
  • Hadiah. Hadiah akan mengingatkan kembali pelanggan akan produk kita. Hadiah yang paling berpengaruh adalah hadiah yang besar atau berseri seperti mainan dari Mc.Donal. Hadiah tidak hanya ditujukan untuk pelanggan saja, tapi bisa juga ditujukan untuk anaknya seperti botol minum sekolah, atau untuk keluarga.
  • Inovasi Tanpa Henti. Pelanggan se-Loyal apapun, pasti juga akan bosan jika yang kita sajikan hanya itu-itu saja, meskipun kita punya produk dan pelayanan terbaik. Bahkan Promosi pun tak akan berarti tanpa adanya inovasi. Jika tidak mendapatkan inovasi untuk produk/layanan utama, inovasi bisa juga untuk produk/layanan sampingan, tentunya tidak mengalahkan yang utama. Hal ini secara tidak langsung akan menguatkan yang utama.
  • Hubungi kembali pelanggan setelah deal penjualan. Hal yang sangat jarang dilakukan oleh pebisnis adalah menghubungi kembali pelanggan setelah penjualan. Padahal pada saat dihubungi kembali respon yang didapat dari pelanggan itulah saran yang terbaik buat kita. Dan bagi pelanggan, hal itu menjadikannya merasa diperhatikan dan menempatkan bisnis anda sebagai yang nomor satu di benaknya. Kalau pun pelanggan tidak puas akan layanan bisnis anda, dengan penanganan masalah yang baik dari pihak anda, saya yakin pelanggan yang tidak puas tersebut akan kembali lagi kepada anda.
  • Tawari layanan khusus untuk pelanggan yang Loyal. Pelanggan yang loyal akan semakin loyal lagi apabila dirinya merasa diperhatikan. Layanan khusus untuk pelanggan loyal ini menjadikan pelanggan loyal merasa diistimewakan.
  • Kerja sama dengan bisnis lain. Tawarkan kerjasama antara bisnis anda dengan bisnis lain. Misalnya : bisnis saya, juzteler, bekerja sama dengan bengkel mobil, Saya menitipkan brosur kepada pemilik bengkel dengan imbalan, setiap pemilik mobil yang datang ke bengkel tersebut berhak mendapatkan brosur untuk hadiah, diskon, atau layanan khusus dari juzteler. Bengkel mendapat nilai tambah, sedangkan juzteler mendapatkan promosi gratis.
  • Bersikap Baik terhadap Bagaimanapun Sikap Pelanggan. Yang terakhir, selalu bersikapbaiklah terhadap pelanggan apapun, bagaimanapun sikapnya kepada kita. Karena dari cara kita menangani pelanggan itulah yang menjadi penilainya kepada kita. jika sikap kita baik, dan pelanggan menerima, saya yakin dia akan balik ke kita lagi. Pelanggan adalah raja (pada saat transaksi), namun Raja yang sebenarnya adalah kita, karena kita yang menetukan harganya, hehee. semoga bermanfaat.......