Ketika Es Teler Sudah Tidak Butuh Sendok Lagi...

Kamis, 04 Agustus 2011

9 Tips untuk Usaha di Bidang Makanan dan Minuman

Orang pada dasarnya mempunyai sifat cepat bosan terhadap apa yang dikonsumsinya setiap hari. Di sini dapat dikatakan salah satu dari 6 kebutuhan utama manusia, yaitu menginginkan variasi.

9 Tips Untuk Usaha di Bidang Makanan dan Minuman

Pertama,pilih yang bukan musiman/atau perhitungkan secara matang solusinya.
misalnya: usaha es dawet siwalan. Perhitungkan secara matang bagaimana jika siwalan sedang tidak musim. Jika usaha minuman es, bagaimana solusi saat musim hujan? apakah itu lokasinya yang di dalam ruangan, atau sistem penjualannya yang divariasi seperti delivery order atau yang lain.

kedua, Mulailah dari yang belum tersedia. Kalaupun sudah ada, jangan meniru/merebut pasar orang lain. Perhatikan pesaing. Tidak perlu berperang. Mainkan kretivitasmu dengan mengubah atau menambah.

ketiga, Jemput pelanggan, jangan hanya menggunggunya datang.

keempat, Kemasan adalah hal pertama yang menjadi perhatian pelanggan pada produk. Dari kemasan itulah muncul kesan pertama pelanggan sebelum benar-benar menikmatinya. Kesan pertama menimbulkan interpretasi yang mendalam terhadap produk anda.

kelima, Perhitungkan daya tahan produk / bahan baku. Perhatikan juga lokasi pengambilan bahan baku.

keenam, Masih terkait daya tahan, perhitungkan juga jangkauan pemasaran produk. Seberapa jauh produk anda menjangkau pasar.

ketujuh, Buka sendiri atau konsinyasi. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. tergantung bagaimana dan yang mana yang anda seriusi. Mau buka sendiri dan sekaligus konsinyasi? gak ada masalah........

kedelapan, Indoor atau Out door, Produk Basah Atau Kering. Tentunya biasanya yang Indoor lebih tahan lama, yang produk kering juga biasanya tahan lama. Namun, bukan berarti yang out door atau produk basah peluangnya kecil??

kesembilan, Cobalah Promosi Gabungan dengan usaha kuliner lain, bahkan yang bukan kuliner sekalipun. Misalnya : Kerjasama dengan usaha cuci mobil, setiap 10x cuci gratis makan di warung ibunda.

Kesepuluh(bonus), Cobalah delivery order. Lagi-lagi mainkan kreativitasmu dengan menjangkau lebih pelangganmu yang selama ini belum tersentuh produkmu.